√ Soal Post Test PKB Kelas Rendah SD Semua Kelompok Kompetensi

Soal Post Test PKB Kelas Rendah yang kami bagikan ini adalah intisari dari modul PKB Guru Sekolah Dasar kelas Awal yang telah direvisi, Pengembangan keprofesian berkelanjutan selain pretest juga ada post test.  Pada kegiatan pengembangan diri melalui diklat, guru akan mengembangkan kompetensinya yaitu kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Untuk menguasai kompetensi pedagogik, seorang guru diantaranya harus menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif.


Penguasaan hal-hal tersebut adalah suatu yang mutlak sebagai upaya menjadi guru yang professional, unggul dan berprestasi. Pada setiap komponen modul yang dikembangkan ini telah diintegrasikan beberapa nilai karakter bangsa, baik secara implisit maupun eksplisit yang dapat diimplementasikan selama aktivitas pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendukung pencapaian revolusi mental bangsa. Integrasi ini juga merupakan salah satu cara perwujudan kompetensi sosial dan kepribadian guru (Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007).


Contoh Soal Post Test PKB Kelas Rendah

  1. Saudara-saudara yang berbahagia, kita sudah memasuki milenium baru. Segala tantangan menghadang di depan mata. Pengaruh global di segala bidang telah kita rasakan. Kita tidak bisa berpangku tangan menunggu keajaiban datang dari langit. Namun, kita harus tetap siaga dengan segala kemampuan yang kita miliki. Hal yang penting dari semua itu adalah mengantisipasi dengan ilmu pengetahuan. … Lanjutan rumpangan teks pidato tersebut adalah …A. Walaupun pendidikan belum tentu ramah bagi setiap orang mengingat biaya untuk menempuhnya tidak murah.
    B. Kalau kita berpangku tangan saja, kita tak dapat menghadapi tantangan yang menghadang di depan mata.
    C. Sekarang ini kita harus berpendidikan setinggi mungkin. Kebodohan mempersulit kita mengentaskan kemiskinan.
    D. Ilmu pengetahuan merupakan kunci keberhasilan
  2. Dalam merencanakan suatu pembicaraan, langkah-langkah yang harus dipenuhi adalah …
    A. Membicarakan hal-hal yang menarik.
    B. Mengkonsultasikan pada nara sumber.
    C. Mengedit tulisan sesuai dengan kaidah
    D. Membatasi pokok pembicaraan
  3. Di dalam pembelajaran menyimak, guru memperdengarkan wacana pendek. Siswa diminta mencari kata-kata yang menunjukkan gagasan utama wacana tersebut. Teknik yang digunakan guru dalam pembelajaran menyimak tersebut adalah teknik….A. simak-ulang ucap
    B. identifikasi kata kunci
    C. identifikasi tema wacana
    D. identifikasi kalimat topik
  4. Pemakaian huruf dan tanda baca yang benar terdapat pada kalimat …
    A. Wah batik yogya sudah merambah pasar Eropa.
    B. Wah batik Yogya sudah merambah pasar eropa.
    C. Wah, Batik yogya sudah merambah pasar Eropa.
    D. Wah, Batik Yogya sudah merambah pasar Eropa.
  5. Kerusakan alam merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh umat manusia pada era modern ini. Hampir setiap hari kita selalu disuguhi berita berbagai macam bencana, seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, dan kebakaran hutan. Bencana alam tersebut memakan korban nyawa dan harta. Tumbuhan dan hewan tidak berdosa pun menjadi korban. Peristiwa ini merupakan….
    (Sumber: appsimpkb.id).Kalimat yang paling tepat melengkapi paragraf di atas adalah ….A. kerusakan alam merupakan hal yang wajar karena proses alami.
    B. akibat pola hidup sebagian besar manusia modern yang tidak ramah lingkungan. C. tanggung jawab pemerintah yang harus diselesaikan oleh pemerintah
    D. Sesuatu yang didiskusikan oleh semua manusia


Download Soal Post Test PKB Kelas Rendah

Belum ada Komentar untuk "√ Soal Post Test PKB Kelas Rendah SD Semua Kelompok Kompetensi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel